Pages

Alat-Alat Tangan

1.Obeng
Obeng adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan baut. Ada beberapa model obeng yang digunakan di seluruh dunia. Jenis yang sangat umum di Indonesia adalah model Phillips yang populer disebut obeng kembang atau plus (+) dan slotted yang sering disebut obeng minus (-). Jenis obeng lain yang digunakan di negara-negara lain antara lain Torx (bintang segi enam), hex (segi enam), Robertson (kotak).



alat tangan in digunakan untuk membuka sekrup. 
obeng dibedakan menjadi 2 macam : 


·obeng negatif - 
·obeng positif + 
·obeng offset 
·obeng spiral 


fungsinya : 
。obeng - dan obeng + gunanya untuk membuka sekrup beralur min ( - ) ataupun sekrup beralur plus ( + ) 


。obeng offset fungsinya untuk memutar sekrup karena bentuk kedua ujung obeng ini bengkok


。obeng spiral cara kerjanya dengan menekan obeng pada sekrup, maka obeng spiral akan berputar, pen penggerak dapat diatur menurut arah putaran yang dikehendaki.

2.Tang


ada bermacam - macam bentuk tang, antara lain :


 tang kombinasi
tang ini dapat dipakai untuk beberapa keperluan : memegang benda kerja, memotong dan memuntir


 tang pembulat 
biasanya digunakan untuk membuat mata itik.

 tang potong biasa
digunakan hanya untuk memotong kawat, tembaga, seng, dll

 tang pemegang
dipakai untuk memegang benda kerja dengan mulut tang yang lebar dan poros yang dapat digeser atau dirubah.

 tang kakak tua
dipakai untuk menjepit atau mencabut paku. 






3.Gergaji





Gergaji ialah alat yang digunakan untuk memotong sesuatu.

Salah satu jenis gergaji.
Ada banyak jenis gergaji. Beberapa merupakan peralatan tangan yang bekerja dengan kekuatan otot, seperti gergaji dalam gambar itu. Beberapa gergaji memiliki sumber tenaga lainnya dan amat kuat, seperti chainsaw yang biasa digunakan menggergaji pohon.
Gergaji biasa menimbulkan suara ribut. Menggunakan gergaji untuk memotong bahan berbahaya karena tepinya yang tajam dan dan jangan sampai menyenuh kulit ketika menggunakannya. Bagian suatu benda yang dipotong gergaji bisa terbang kabur dan berbahaya buatpernapasanmata dan kulit.

4.Ragum
merupakan peralatan cekam yang paling sering digunakan pada proses pengefraisan.

5.Solder
Solder merupakan alat bantu dalam merakit atau membongkar rangkaian elektronika pada rangkaian yang terdapat pada papan pcb. solder merupakan alat elektronika yang mengubah energi listrikmenjadi energi panas. Solder banyak jenis dan beragam bentuknya, pada umumnya berbentuk seperti pistol, dan lurus dengan mata solder di ujung yang berbentuk lancip, dan dilengkapi tombol pengatursuhu ukuran tinggi rendahnya panas yang dihasilkan untuk membuat kawat timah mencair agar dapat melepaskan atau menyatukan kaki-kaki komponen pada papan Pcb. Suhu panasnya yang terlalu berlebihan dapat merusak komponen atau menyebabkan komponen lain ikut terlepas. Solder pula digunakan untuk upaya alternatif jumper dengan menghubungkan kabel kecil pada hubungan yang putus pada papan Pcb agar yang retak atau terputus agar dapat tersambung kembali. 

6.Jangka Sorong
 alat ukur yang ketelitiannya dapat mencapai seperseratus milimeter. Terdiri dari dua bagian, bagian diam dan bagian bergerak. Pembacaan hasil pengukuran sangat bergantung pada keahlian dan ketelitian pengguna maupun alat. Sebagian keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan display digital. Pada versi analog, umumnya tingkat ketelitian adalah 0.05mm untuk jangka sorang dibawah 30cm dan 0.01 untuk yang di atas 30cm.

Kegunaan jangka sorong adalah:
  • untuk mengukur suatu benda dari sisi luar dengan cara diapit;
  • untuk mengukur sisi dalam suatu benda yang biasanya berupa lubang (pada pipa, maupun lainnya) dengan cara diulur;
  • untuk mengukur kedalamanan celah/lubang pada suatu benda dengan cara "menancapkan/menusukkan" bagian pengukur. Bagian pengukur tidak terlihat pada gambar karena berada di sisi pemegang.

7.Pahat
Pahat adalah perkakas pertukangan berupa bilah besi yang tajam pada ujungnya untuk melubangi atau mengukir benda keras seperti kayubatu, atau logam. Pegangannya dibuat dari kayu atau logam. Dalam penggunaannya, pahat ditekan pada bahan untuk memotong bahan tersebut. Dorongan dapat dilakukan sendiri atau dengan bantuan tukul atau palu. Dalam industri, pelantak hidraulik atau palu penempa digunakan untuk membantu pahat dalam memotong bahan.


8.Kikir

 pengerjaan logam dan kayu alat yang digunakan untuk memotong jumlah denda bahan dari benda kerja. Ia paling umum mengacu pada alat tangan gaya, yang mengambil bentuk dari baja bar dengan kasus mengeras permukaan dan serangkaian tajam, gigi paralel. File yang terbanyak memiliki, sempit runcing tang di salah satu ujung yang menangani dapat dipasang.





Dan masih banyak alat-alat tangan yang lain.


Sumber: rawabunga-community.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar